PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2018

Selamat & Sukses Kepada Jurusan dan Program Studi dengan TERAKREDITASI

SELAMAT KEPADA WISUDAWAN/TI SEMOGA ILMU YANG DIPEROLEH BERGUNA BAGI AGAMA,NUSA, DAN BANGSA

Foto bersama peserta rapat kerja

IAIN Batusangkar, Melakukan rapat kerja pada 11 s.d 13 Februari 2018 yang dibuka langsung oleh Rektor Dr. H. Kasmuri, MA dan diikuti oleh para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ka. Biro, Ketua Lembaga, ketua Jurusan, ka. Prodi, Kabag, Kasubag, Kepala Unit di lingkungan IAIN Batusangkar.

"Rapat kerja ini merupakan agenda tahunan yang harus dilaksanakan dalam rangka merumuskan rencana kerja tahunan dan membahas evaluasi kinerja tahunan," kata Rektor Kasmuri saat pembukaan Rapat Kerja di Rocky Hotel Bukittinggi, Minggu, yang mengusung tema “Mewujudkan Pelaksanaan Anggaran Berbasis Akreditasi Dalam Rangka Pencaian Visi dan Misi IAIN Batusangkar”

Rektor mengatakan rapat kerja tahunan ini secara umum membahas tentang program kerja dan langkah strategis yang harus dilakukan guna mempersiapkan program kerja pada tahun anggaran 2019."Program kerja yang disusun berbasi Akreditasi tersebut haruslah memanfaatkan setiap tantangan dan peluang yang dihadapi, dalam mewujudkan Visi, Misi IAIN Batusangkar" katanya.

pembukaan Rapat Kerja tahun 2018

Ia mengharapkan raker ini dapat merumuskan program kerja 2019, pengambilan keputusan dan kebijakan. Semua program yang dirancang dan dirumuskan dalam bentuk RKAKL 2019. benar-benar akan memberikan hasil yang signifikan terhadap peningkatan kualitas civitas akademika, sehingga membawa kita kea rah yang lebih baik.

"Seluruh rencana program kerja 2019 yang akan disusun dalam anggaran yang berbasis akreditasi dalam rangka pencapaian visi dan misi IAIN Batusangkar," katanya.

Pada kesempatan itu, rektor juga menyampaikan IAIN Batusangkar telah bahwa sudah 5 Jurusan di IAIN Batusangkar mendapatkan Akreditasi A dalam mempertahan kan apa yang sudah kita dapatkan untuk bisa dipertahankan, kalaw bisa di tambah jurusan yang mendapatkan akreditasi, maka dalam raker ini kita menyusun anggaran tahun 2019 kita mengaju pada Akreditasi.(hm/dn)

penerimaan Mahasiswa baru IAIN Batusangkar

IAIN Batusangkar, Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Syaifuddin langsung melakukan Launching Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) di aula M. Rasyidi Kementerian AGAMA RI senin, (29/1) lalu. Kegiatan ini dihadiri Rektor dan Kanwil seluruh Indonesia. Hal ini disampaikan Ulya Atsani, Ketua penerimaan mahasiswa baru IAIN Batusangkar di ruangan kerjanya. (3/2).

"Menindak lanjuti agenda SPAN-PTKIN ini tim Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Batusangkar akan turun ke sekolah-sekolah di Sumatera Barat dan provinsi tetangga, seperti Jambi, Pekan Baru untuk melakukan sosialisasi terkait SPAN-PTKIN ini, "kata Ulya Atsani.

Dikatakan Ulya, kegiatan sosialisasi ini akan kita lakukan paling lambat minggu ke dua bulan ini. (Februari) "Kita harapkan sekolah memanfaatkan tim sosialisasi PMB IAIN Batusangkar untuk menggali informasi lebih lanjut tentang SPAN-PTKIN IAIN Batusangkar, "kata Ulya.

Diinformasikan Ulya Atsani, jadwal seleksi SPAN-PTKIN sudah dimulai. Adapun tahapannya. Pertama, pengisian PSDS dimulai dari tanggal 30 Januari sampai dengan 24 Februari 2018. Tahap verifikasi PSDS tanggal 2 Februari sampai dengan 3 Maret 2018. Proses pendaftaran dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 29 Maret 2018. Dan proses seleksi dilakukan dalam dua tahap. Tahap 1 tanggal 9 sampai dengan 14 April 2018, sedangkan tahap 2 dari tanggal 18 sampai dengan 25 April 2018. Untuk pengumuman hasil seleksi tanggal 1 Mei 2018 dan pendaftaran ulang yang diterima dilakukan pada tanggal 22 Mei sampai dengan 1 Juli 2018.

Lanjut Ulya, IAIN Batusangkar dari 2400 target mahasiswa baru yang diterima, 1200 mahasiswa baru diterima melalui jalur SPAN-PTKIN ini. "Lalu sebanyak 720 mahasiswa baru kita terima melalui UM-PTKIN. Melalui jalur mandiri sebanyak 480 mahasiswa baru, "tuturnya.

Selain itu pascasarjana IAIN Batusangkar juga melakukan penerimaan mahasiswa baru. "Dengan kondisi IAIN Batusangkar yang terus berkembang dan maju kita yakini bisa meraih target tersebut, " tegas ketua PMB ini.

Terpisah Rektor IAIN Batusangkar, DR. H. Kasmuri, MA menyampaikan, bahwa sudah 5 Jurusan di IAIN Batusangkar mendapatkan Akreditasi A yaitu : Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Islam, Dan Ahwal Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam).

"Prestasi ini kita raih, bentuk perjuangan dan komitmen kita di IAIN Batusangkar untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan, "ungkap Kasmuri.(hm/dn)

Oreantasi Mahasiswa PPL

Batusangkar- Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktek Lapangan Konseling Pendidikan di Sekolah (PLKP-S) adalah sebuah program wajib yang harus dijalankan oleh setiap mahasiswa Jurusan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguaruan (FTIK) IAIN Batusangkar, dan merupakan tahapan penting bagi calon guru yang saat ini masih berstatus mahasiswa. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa calon guru untuk mengenal dunia keguruan secara nyata sebelum mereka benar-benar terjun di dalamnya.

Orentasi Program PPL dan PLKP-S akan di ikuti oleh Mahasiwa FTIK sebanyak 574 mahasiswa yang terbagi 8 Jurusan antara lain, Jurusan PAI 125 orang, MTK 70 orang, TBI 53 orang, Fisika 43 orang, Biologi 57 orang, PBA 32 orang, BK 117 orang dan PAUD 78 orang yang telah lulus dalam Mata Kuliah Micro Taicing dan telah menyelesaikan semester 6, Oreantasi PPL / PLKP-S kita rencanakan selama 2 hari, tanggal 29/30 Januari 2018, ucap Demina Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguaruan IAIN Batusangkar.

Demina, S.Ag., M.Pd dalam laporannya menyampaikan kegiatan program PPL dan PLKP-S akan di sebar ke 82 Sekolah baik, SLTA/MA, SLTP, MTSN, PAUD dan TK tersebar di Kabupaten Kota Se-Sumatera Barat antara lain Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman , 50 Kota, Kota Payakumbuh, Padang Panjang, Sawah Lunto, Darmasraya, Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Kabupaten Tanah Datar. kegiatan PPL dan PLKP-P ini akan di mulai tanggal 2 Februari sampai dengan Tanggal 23 Mei tahun 2018 Ucap Demina.

Dikatakan Demina, target kita untuk PPL dan PLKP-S tahap satu tahun 2018 ini ingin mahasiswa mendapatkan pengalaman-pengalaman dilapangan untuk menjadi tenaga pendidik profesional. Sebelum melaksanakan kegiatan praktek mereka sudah dibekali dengan keilmuan melalui matakuliah-mata kuliah yang menunjang kemampuan mereka. “Ini saatnya mereka menerapkan keilmuan semasa perkuliahan dengan harapan bisa menjadi guru profesional,” ujar Demina.

Lebih lanjut Demina mengatakan, sejauh ini kita ingin, nama IAIN Batusangkar lebih jauh di kenal di tengah- tengah masyarakat Sumatera Barat. “Artinya mahasiswa yang akan melakukan PPL dan PLKP-S, harus mencerminkan bahwa mereka adalah mahasiswa IAIN Batusangkar.

Kegiatan PPL dan KLKP-S yang di buka langsung oleh Rektor yang di wakili oleh Dekan FTIK Dr. Sirajul munir, M.Pd dalam sambutan nya Sirajul Munir mengatakan kepada seluruh peserta, kali ini harus tahu bahwa kita di IAIN Batusangkar telah mendapat kan akreditasi A sebanyak 5 Jurusan. Terdiri dari Jurusan PAI, PBA, TBI, AS dan HES, PTKI yang meraih Akreditasi terbanyak di Sumatera Barat, adalan kita IAIN Batusangkar, dan kita harus sampaikan kepada sekolah-sekolah yang akan tempati nanti, ucap Sirajul Munir.(hm/dn)

10

Rektor IAIN Batusangkar Dr. Kasmuri, MA melantik dan mengukuhkan 8 orang ketua Jurusan dan 4 orang ketua program studi Pascasarjana selingkup IAIN Batusangkar, Pelantikan dilakukan untuk mengisi kekosongan dan penyegaran pejabat di Lingkungan IAIN batusangkar. Pelantikan berlangsung pada Jumat (02/02)) di Auditorium IAIN Batusangkar.

         Rektor dalam amanatnya menyampaikan terima kasih kepada pejabat yang telah melakukan pengabdiannya di IAIN Batusangkar, “semoga apa yang telah dilaksanakan menjadi amalan baik di sisi Allah, seraya mengucapkan selamat bekerja kepada pejabat yang dilantik pada jabatan barunya, semoga dapat menjalankan amanah yang diberikan”

           “Pelantikan ini memberikan warna baru dan semangat baru untuk IAIN Batusangkar. Pelantikan adalah suatu yang biasa. Banyak tantangan yang akan dihadapi di tahun 2018. Berbagai langkah akan dilakukan seperti bidang akademik, keuangan dan administrasi, Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2018 dan lain sebaginya”

            Lebih lanjut, Rektor berharap semua pejabat yang dilantik dapat bekerja maksimal, berpikir positif agar dapat melahirkan program-program kreatif, dan menjadi layanan yang prima bagi mahasiswa IAIN Batusangkar.

4

Dalam pelantikan bertindak sebagai saksi Wakil Rektor I Dra. Desmita, M.Si dan Wakil Rektor II Dr. Marjoni Imamora,M.Sc serta Rohaniwan Arif Zunzul Maizal, M.Ag. Selain itu pelantikan ini juga dihadiri oleh Jajaran Pimpinan serta Dosen dan Karyawan se-Lingkup IAIN Batusangkar.

Kepala BIRO AUAK IAIN Batusangkar Drs. H. Yasrizal, MA mengatakan, pejabat yang dilantik berjumlah 12 orang terdiri dari ketua Jurusan. Nina Suzanne, M.Pd sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Khairina, M.H sebagai Ketua Jurusan Pemikiran Politik Islam. Rahmawati, M.Pd sebagai Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Sisrazeni, S.Psi., M.Pd sebagai Ketua Jurusan Psikologi Islam. Pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Yeni Melia, M.M sebagai Ketua Jurusan Akuntansi Syariah. Nurhikmah, M.Sy sebagai Ketua Jurusan Manajemen Bisnis Syariah. Rini Anita, M.Pd sebagai Ketua Jurusan Pariwisata Syariah. Widi Nopiardo sebagai Ketua Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf. Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dr. Wahidah Fitriani, S.Psi.,M.A sebagai Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Dr. Nofialdi, M.Ag sebagai Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Alsyakhshiyyah). Dr. M. Yusuf Salam, S.Ag.,M.A sebagai Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Dr. Himyar Pasrizal,S.E.,M.M sebagai Ketua Program Studi Ekonomi Syariah pada Program Pascasarjana. (hm/dn)

Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

PT. LAGA PRATAMA INTERINDO JAKARTA Serah Terimakan Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.

BATUSANGKAR Selasa. 23/01-2018 – Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar yang dibangun oleh PT. Laga Pratama Interindo diserah terimakan kepada IAIN Batusangkar, ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis oleh direktur PT. LAGA PRATAMA INTERINDO kepada Rektor IAIN Batusangkar.

Pembangunan gedung FEBI IAIN Batusangkar menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kementerian Agama RI tahun 2017, di maanfaatkan sebagai gedung perkuliahan dan perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Serah terima gedung FEBI IAIN Batusangkar dilakukan di kampus yang baru siap di bangun akhir tahun 2017 lalu, terletak di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Pembangunan Gedung FEBI IAIN Batusangkar ini menghabiskan dana sebesar 32 milyar rupiah, dengan rincian, 28 milyar rupiah untuk pembangunan fisik, 1,5 milyar rupiah di pergunakan untuk pengadaan mobiler, selebihnya untuk pembayaran konsultan Perencanaan Manajemen Kontruksi (MK) dan Administrasi Proyek.

Pembangunan gedung FEBI memerlukan waktu 6 bulan, di mulai dari Juli sampai Desember 2017, dengan luas bangunan 5761 m2, terdiri dari tiga lantai, 20 lokal kuliah, ruang Dekanat, ruang Kajur, ruang Labor, ruang Bursa Efek, ruang perpustakaan, ruang ibadah dan ruang pusat informasi. Gedung FEBI IAIN Batusangkar juga dilengkapi dengan tangga disabilitas/ berkubutuhan khusus, yang disampaikan oleh Drs. Muhammad Fazis, M.Pd selaku Pejabat Pembuat komitmen (PPK) pembangunan gedung FEBI IAIN Batusangkar.

Rektor IAIN Batusangkar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Direktur PT. LAGA PRATAMA INTERINTO, sebagai pelaksanaan pembangunan fisik gedung FEBI IAIN Batusangkar yang menyelesaikan pembangunan gedung ini tepat waktu. Rektor IAIN Batusangkar juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala kejaksaan Negeri Tanah Datar dengan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Tanah Datar beserta Tim nya, Wali Nagari, Ketua KAN, Ketua BPRN dan Ketua Pemuda Nagari Parambahan dan Cubadak.

Selanjudnya Rektor mengatakan pada tahun ini kita bersyukur telah mempunyai gedung semewah ini dan pada tahun ini juga kita akan membagun gedung Fakultas Syariah dengan dana sebesar 35,8 Milyar yang bersumber dari dana SBSN Kementerian Agama tahun anggaran 2018 ucap Kasmuri.

Serah terima Kunci Gedung FEBI IAIN Batusangkar dari Direktur PT. Laga Pratama Interindo kepada Rektor IAIN Batusangkar

Sementara itu, Direktur PT. LAGA PRATAMA INTERINDO, Ir. Sudjilan, MM mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pihak IAIN Batusangkar dan seluruh Stakeholder dalam pelaksanaan pembangunan gedung ini. Selama pekerjaan pembagunan ini saya merasa aman dan tentram untuk mewujudkan gedung FEBI IAIN Batusangkar, dan saya melihat gedung ini merupakan gedung yang minimalis dengan ornamen-ornamen yang Islami, semoga Batusangkar menjadi Kota pelajar ucap Sujilan.

Ikut memberikan sambutan, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar M. Fatria, SH. yang mengatakan Kajari melalaui Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Tanah Datar, selalu siap mendampingi pembagunan dan gedung-gedung pemerintah di IAIN Batusangkar dan kabupaten Tanah Datar sesuai dengan peraturan yang berlaku. Saya menyampaikan apresiasi pada PT. LAGA PRATAMA INTERINDO dan semua stakeholder yang terlibat dalam pembangunan ini semenjak proses perencanaan sampai dengan serah terima pekerjaan, kita bersyukur sampai ketitik ujung pembangunan ini. Pada kesempatan ini tidak ada salahnya saya sampaikan masukan, saran kepada pihak-pihak yang terkait, untuk di jadikan dasar pelaksanan kegiatan tahun 2018, antara lain percepatan proses perencanaan, klulifikasi personil di lapangan, mengumumkan pemenang lelang, keterlibatan konsultan perencana, konsultan pengawas dan tenaga ahli serta keberanian PPK untuk melakukan teguran dalam pekerjaan, percepatan, pemecahan permasalahan dan mengontrol pekerjaan, Ucap KAJARI.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Tanah Datar Thamrin dalam sambutannya mengemukakan bahwa pembangunan gedung FEBI dan pembangunan gedung pemerintah lainnya merupakan tugas pokok kami di Dinas PUPR yang tertuang dalam peraturan menteri pekerjaan umum. Nomor 45 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan, Gedung Negara dan Dinas PUPR Tanah Datar bertanggung jawab dalam menyelesaikan pembangunan gedung FEBI IAIN Batusangkar. Di samping itu Thamrin juga mengatakan bahwa kebiasaan warga Nagari Parambahan ketika ada pembagunan negara semua lapisan mendukung pelaksanaan pekerjaan ini, apa lagi pembagunan sarana pendidikan untuk kemajuan kita bersama. UcapTamrin.

Turut Hadir dalam serah terima pekerjaan gedung FEBI IAIN Batusangkar, Wakil Rektor, Ka BIRO AUAK, Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana, Kabag, Kasubag Dosen dan Karyawan Selingkup IAIN Batusangkar, Wali Nagari Parambahan dan Cubadak, KAN, BPRN dan Unsur Pemuda.(dn/hm)